Beranda » Apa arti CC & BCC pada e-mail itu?

Apa arti CC & BCC pada e-mail itu?

Berkirim berita/ pesan melalui dunia maya sudah menjadi keseharian para neter, baik itu yang bersifat formil ataupun cuman sekedar hiburan. Seorang pekerja kantor membutuhkan fasilitas ini untuk bertukan pesan dengan rekan kerja ataupun dengan client nya, sementara mahasiswa juga butuh fasilitas ini untuk menyelesaikan tugas kuliahnya, seorang pujangga butuh fasilitas ini untuk mengungkapkan isi hati kepda pujaan hatinya.. cie..cie.. (lebay) dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Dari tulisan pembuka diatas, kalau kalau kita hendak menulis email kepda seseorang ataupun beberapa orang, kita akan liat kolom to, CC, BCC. Apa itu to, CC, & BCC?


Berkirim pesan/surat melalui email sering dijumpai pada hari-hari ini. Tidak peduli apakah Anda seorang karyawan biasa ataupun bos dari suatu perusahaan, menguasai email sangatlah disarankan. Kegunaan daripada email antara lain:

* Mengirimkan email kepada satu orang penerima
* Mengirimkan email untuk beberapa penerima sekaligus
* Mengirimkan email kepada seseorang/beberapa orang penerima sekaligus dan juga mengirimkannya sebagai terusan/tembusan untuk penerima lain



Ketika kita menulis email baru, kita akan dihadapkan pada kolom To, Bcc, Cc, serta kotak tempat kita menuliskan pesan yang akan dikirimkan. Nah yang sering kali diabaikan adalah kolom Bcc dan kolom Cc, apa maksud dari Bcc dan Cc?

Mari kita telaah ketiga kolom tersebut:

kolom To: Disini kita mengetikkan alamat tujuan pengiriman email. Kita dapat mengirimkan sebuah alamat email saja, atau sekaligus beberapa alamat. Setiap alamat email bisa dipisahkan dengan tanda koma “,”.
Misalnya: penerimasatu@domain.com, penerimadua@domain.com dst. Dalam konteks tersebut, penerima satu dan dua akan tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.

kolom Cc: Ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy“. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya terlihat kepada kesan kepada siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.
Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Deny, dan saya ingin pula Pak Budi menerima salinan email tersebut. Pak Deni tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak Budi (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Budi.

kolom Bcc: Kependekan dari “Blind Carbon Copy“. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc:.



Jika kita sudah mengetahui arti daripada kolom To, Cc dan Bcc, maka kemungkinan besar sekarang kita bisa memaksimalkan dari penggunaan email. Selamat bekerja

http://gugling.com/bcc-dan-cc-pada-email-artinya-apa-sih.html  

www.lulusuji.blogspot.com