Beranda » 10 Orang Penemu Alat Keselamatan

10 Orang Penemu Alat Keselamatan


Jaman sekarang kita sering jumpai berbagai alat keselamatan yang kita gunakan secara tanpa sadar, seperti kalau kita memakai baju atau celana. Tahukah anda siapa penemu alat-alat yang membantu meningkatkan keselamatan hidup kita?

1. Airbag (Kantong Udara)


Airbag pertama kali ditemukan tahun 1951 oleh Walter Linderer berdasarkan sistem udara terkompresi, namun tidak cukup cepat untuk menyelamatkan penumpang kendaraan.


Allen Breed menemukan airbag menggunakan sistem sensor dan keselamatan.


Tahun 1971 Perusahaan mobil Ford mulai bereksperimen dengan airbag, dan menggunakannya sejak tahun 1973, diikuti perusahaan mobil lainnya. Tahun 1998 airbag menjadi keharusan di Amerika.

2. Parachute (Parasut)

Parasut ditemukan pertama kali tahun 1783 oleh Sebastien Lenomand (orang Perancis) walaupun sudah disketsa dan diimajinasikan oleh Leonardo Da Vinci.

Penemu parasut lipat adalah Jean Pierre Blanchard, tahun 1793, menggunakan bahan sutera.

Pengguna parasut pertama adalah adalah Andrew Garnerin yang pada tahun 1797 melompat dari balon udara pada ketinggian 8000 kaki menggunakan parasut sutera disaksikan banyak orang dan selamat.

Tahun 1887 Kapten Thomas Baldwin menemukan tali parasut dan tahun 1890 Paul Letteman dan Kathchen Paulus menciptakan metode pelipatan parasut diransel untuk dibawa dipunggung orang sebelum dibuka.

3. Lifevest (Pelampung)


Secara resmi dikenal sebagai personal flotation device (PFD) adalah alat untuk mengapung sehingga kepala berada diatas permukaan air.


Jaket Pelampung ditemukan pertama kali oleh Kapten Ward, seorang Inspektur Institusi Kapal Penyelamat Nasional Kerajaan Inggris tahun 1854 menggunakan material ringan yang mengapung diatas air. Sejak itu dikembangkan, termasuk disempurnakan pada tahun 1928 oleh Peter Markus yang memperkenalkan jaket pelampung yang berkembang setelah ditiup.

4. Fire Extinguisher (Pemadam Api)

George William Manby (l765-l854) menciptakan pemadam kebakaran pertama tahun 1813. Awalnya hanya berupa tabung siliner berisi 3 galon air dan udara terkompresi.


Tahun 1860 seorang Perancis bernama Francois Carlier menciptakan tabung pemadam kebakaran berisi campuran air dan soda dan sebotol kecil berisi asam sulfur, yang kalo botol kecil pecah akan menimbulkan gelembung yang akan menyemprotkan air.

Setelah itu sistem dan isi tabung pemadam kebakaran ini semakin disempurnakan untuk memerangi beragam jenis kebakaran.


5. Seat Belt (Sabuk Pengaman)


Volvo mempunyai sabuk pengaman yang pertama pada tahun 1849. Hak paten pertama untuk sabuk pengaman di kendaraan di Amerika diberikan pada Edward J. Claghorn (New York) pada bulan February 1885. Penemu Swedia, Nils Bohlin menciptakan sabuk pengaman modern tiga titik yang menjadi standar pengamanan pada kendaraan jaman sekarang.

6. Helm Sepeda




Pada awalnya pengendara sepeda tidak menggunakan helm, namun karena semakin banyak kecelakaan bersepeda maka tahun 1970 Snell Foundation mewajibkan penggunaan helm bagi pengendara sepeda. Masalahnya belum ada helm yang cocok.


Tahun 1974 perusahaan Bell Biker mengeluarkan helm untuk pengedara sepeda dan setelah itu helm pengendara sepeda semakin disempurnakan.

7. Zebra Cross



Setelah beberapa percobaan, zebra cross digunakan pertama kali di 1000 tempat di Inggris tahun 1949, dalam bentuk awalnya berwarna biru dan kuning. Ada banyak variasi bentuk penerapan, namun pada umumnya berukuran sama dan berwarna sama yaitu garis putih-putih menyeberangi jalanan.

8. Traffic Light (Lampu Pengatur Lalulintas)




Ditemukan tahun 1918 oleh Perwira Polisi Amerika William L. Potts di Detroit, Michigan. Dia mencari pemecahan atas permasalahan meningkatnya kecelakaan tabrakan di perempatan jalan. Potts menggunakan lampu signal kereta api warna merah, kuning dan hijau serta kabel dan alat pengontrol senilai 37 dollar untuk membuat traffic light pertama didunia. Dipasang pada tahun 1920 dan setelah itu digunakan diseluruh dunia.

9. Helm Motor



Helm sepeda motor pertama kali diciptakan oleh Gottlieb Daimler tahun 1885, dalam bentuk yang sederhana dan tidak terlalu bersifat alat keselamatan (karena kecepatan sepeda motor masih rendah). Tahun 1953 Prof. C.F. Lombard menciptakan dan mempatenkan helm untuk sepeda motor yang mementingkan keselamatan. Berdasarkan ciptaan ini helm sepeda motor kemudian disempurnakan dan diterapkan diseluruh dunia.

10. Condom (Kondom)




Pengamanan hubungan sex sudah dilakukan sejak jaman Firaun Mesir. Bahan yang digunakan bermacam-macam, mulai dari kain, kulit, bahkan di Jepang kuno katanya pakai gabungan kulit dan tanduk (hiiii ...).


Kondom modern berawal pada saat Charles Goodyear mengembangkan proses vulkanisir karet, sehingga menghasilkan karet yang tipis sekali, dipatenkan tahun 1844. Model inilah yang kita kenal sekarang.

http://portalunique.blogspot.com/2011/04/10-orang-penemu-alat-keselamatan.html

www.lulusuji.blogspot.com