Beranda » Ketika Bisnis Ibarat Berjalan di Jalan Pintas

Ketika Bisnis Ibarat Berjalan di Jalan Pintas

Banyak orang bingung memulai bisnis. Sudah bingung, mau cepat sukses pula. Lalu, adakah jalan pintas menjadi pengusaha sukses dalam sekejap mata?

Beberapa pengusaha memulai bisnis dari nol, modal minim, dan dagangan seadanya. Yang penting terus berusaha, tekun, dan sabar, insyaAllah sukses, begitu bunyi nasihat yang sering kita dengar. Namun, beberapa pengusaha lainnya memilih untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk tidak disebut sebagai ‘memulai dari nol’. Hasilnya, kesuksesan juga yang dituainya. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis yang sering disebut orang sebagai ‘jalan pintas menuju sukses’.
  1. Memulai bisnis tidak perlu dari nol. Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang sudah dimiliki, misalnya jaringan pertemanan, domisili, dan pengalaman Anda dalam hidup. Semua itu adalah asset yang bisa Anda manfaatkan.
  2. Tiru cara bisnis yang terbukti sudah berhasil yang pernah dilakukan oleh orang lain. Misalnya saja, bisnis ibarat perjalanan dari Bandung menuju Jakarta. Anda dapat melewati jalan tol Cipularang yang memang dibuat untuk memudahkan Anda ke Bandung. Jadi, tidak perlu mencari jalan lain, tidak perlu mencari cara rahasia lain yang justru membuat Anda tambah bingung.
  3. Gunakan daya ungkit dalam bisnis. Berkendara dengan mobil berkecepatan tinggi tentu saja lebih cepat daripada berjalan kaki. Mobil itu ibarat daya ungkit yang dapat mengakselerasi kecepatan bisnis Anda untuk segera menuju sukses. Cari dan temukan apa keunikan dari bisnis Anda dan berdayakan semaksimal mungkin. InsyaAllah sukses akan menemui Anda.
  4. Jangan biarkan hambatan dan kendala merintangi perjalanan bisnis Anda. Lengkapi segala persyaratan administrasi untuk bisnis dan belajarlah selalu dengan para pebisnis yang sudah sukses terlebih dahulu.

Itulah beberapa ‘jalan pintas’ yang dapat Anda lakukan untuk memulai membangun bisnis. Jangan lupa untuk selalu berniat mencari ridho Allah dalam berbisnis agar semakin berkah dan semoga banyak lahir para pengusaha muslim yang dapat mewarnai jaringan bisnis di Indonesia. (ind)

Saduran: http://jpmi.or.id/2010/11/19/jalan-pintas-menjadi-pengusaha-sukses/





www.lulusuji.blogspot.com